Inovasi SI & New Technology
Inovasi SI & New Technology
Soft Skill
Di Susun Oleh :
Fio Prasetyo
12117367
FAKULTAS ILMU
KOMPUTER
DAN TEKNOLOGI
INFORMASI (FIKTI)JURUSAN SISTEM INFORMASIUNIVERSITAS GUNADARMA2017/2018
SEJARAH
PERKEMBANGAN SISTEM INFORMASI / TEKNOLOGI INFORMASI
BAB I
A. Sejarah teknologi informasi
Perkembangan
teknologi dalam peradaban manusia
diiringi dengan perkembangan cara penyampaian informasi dalam berkomunikasi
yang selanjutnya dikenal dengan istilah tenologi informasi dan komunikasi.
Sejak zaman prasejarah, cara manusia
menyampaikan informasi melalui berkomunikasi dalam hal perkembangan teknologi
terus berkembang hingga saat ini, yaitu dengan banyaknya ditemukan
teknologi-teknologi informasi dan komunikasi yang sebagian besarnya sudah usang
dan sebagiannya lagi masih terus dipakai, bahkan terus diteliti dan
dikembangkan agar semakin maju.
1. Masa Prasejarah (Sebelum 3000 SM)
Pada awalnya, teknologi informasi
dikembangkan manusia sebagai sistem pengenalan bentuk-bentuk dengan
menggambarkan informasi yang mereka dapatkan pada dinding-dinding gua, misalnya
tentang berburu dan binatang buruannya. Pada masa itu, mereka mulai mengenal
benda-benda di sekitar lingkungan mereka dan mewakilkan bentuknya pada lukisan
di dinding gua tempat mereka tinggal. Kemampuan mereka dalam berbahasa hanya
berkisar pada bentuk suara dengusan dan isyarat tangan sebagai bentuk awal komunikasi.
2. Masa Sejarah (3000 SM s.d. 1400 M)
Perkembangan tulisan semakin maju
pada masa sejarah, mulai ditemukannya abjad fonetik, kertas sebagai media
penulisan yang mudah dibawa, hingga cara pencentekan buku. Pada masa ini, informasi
belum disebarkan secara massal. Pada tahun 3000 SM Untuk pertama kalinya,
ditemukan tulisan yang digunakan oleh bangsa Sumeria dengan menggunakan
simbo-simbol yang dibentuk dari piktograf. Simbol ini mempunyai bentuk bunyi
yang cara penyebutannya berbeda sehingga dapat disimpulkan bahwa bangsa Sumeria
telah mengenal bahasa dan tulisan pada masa itu. Selain itu, terdapat tulisan
hieroglif yang dikembangkan oleh orang-orang Mesir. Kemudian pada tahun 1774 SM
Orang-orang Yunani memperkenalkan sistem penulisan dari kiri ke kanan dengan
memakai abjad fonetik.
3. Masa Modern (1400 M – Sekarang)
Tahun 1991-Sekarang Sistem bisnis
dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN dalam menanggulangi biaya
operasionalnya memungut bayaran dari para anggotanya.Pada tahun 1992
pembentukan komunitas internet, kemudian diperkenalkan istilah World Wide Web (WWW)
oleh CERN.Pada tahun 1993, NSF membentuk interNIC untuk menyediakan jasa
pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database
(oleh AT&T), jasa registrasi (oleh Network Solution Inc),dan jasa informasi
(oleh General Atomics/CERFnet).Pada tahun 1994 pertumbuhan internet melaju
dengan sangat cepat dan mulai merambah ke dalam segala segi kehidupan manusia
dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia.Tahun 1995,
perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di
Backbone. Langkah ini memulai pengembangan teknologi informasi khususnya
internet dan penelitian-penelitian untuk mengembangkan sistem dan alat yang
lebih canggih.
B. Perkembangan Komputer
Pada Periode Elektronik inilah kita mulai memasuki generasi komputer. Berikut ini penjelasan masing-masing dari generasi komputer tersebut:
Komputer Generasi I
Sejarah komputer generasi pertama
mulai hadir pada tahun 1946 - 1956, beberapa ciri utama dari generasi ini di
antaranya:
· Menggunakan tabung hampa udara (vacuum tubes) sebagai
sirkuitnya.
· Ukuran fisik komputer besar sehingga memerlukan ruangan yang
luas serta memakai daya listrik yang besar.
· Memiliki media penyimpanan luar berupa magnetik tape atau magnetik
drum.
· Hanya dapat dikendalikan oleh bahasa mesin (machine
language)
Komputer Generasi II
Sejarah komputer generasi kedua
mulai populer pada awal tahun 1960-an. Beberapa ciri utama dari generasi ini di
antaranya:
· Sudah menggunakan transistor untuk sirkuitnya. Transistor
dikembangkan di Bell Laboratories tahun 1947.
· Lebih kecil, cepat, dapat diandalkan, dan hemat energi
dibanding generasi komputer pertama.
· Menggunakan bahasa assembly yang terdiri dari
singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner
Contoh komputer generasi kedua yang
dikembangkan saat itu adalah IBM 1401. Sejak tahun 1965,
sebagian besar bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi ini untuk
mengolah informasi keuangan.
Komputer Generasi III
Adapun contoh komputer generasi
ketiga ini di antaranya:
IBM S/360
IBM S/360 yang dirancang untuk
bisnis dan teknik.
GE 600 dan GE 235
General Electric mengeluarkan GE 600
dan GE 235.
NCR Century
National Cash Register mengeluarkan
NCR seri Century
Komputer Generasi IV
Sejarah komputer genarasi
keempat (1971), beberapa ciri utama dari generasi ini di antaranya:
· Mulai dikembangkan komputer micro yang menggunakan prosesor
dengan general purpose microprocessor yang dikembangkan oleh Intel (Intel 8080)
· Mulai digunakannya LSI (Large Scale Intergartion) yang
merupakan pemadatan beribu-ribu IC (Integrated Circuit) dalam sebuah chip.
Kemudian dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration).
· Pada generasi ini hampir sebagian besar komputer telah
menggunakan sistem operasi dengan konsep GUI (Grapihical User Interface).
Seperti sistem operasi Microsoft Windows buatan Microsoft Corp.
Komputer Generasi V
Sejarah komputer generasi V dikembangkan
sejak tahun 1985, beberapa ciri utama dari generasi ini di antaranya:
· Di Jepang didirikan ICOT (Institute for new Computer
Technology) untuk mengembangkan komputer generasi kelima, yaitu
menciptakan komputer yang powerfull dan intelligent.
· Dikembangkannya sistem komputer yang memiliki unsur
artificial intelligence yang dapat mengerjakan tugas dengan karakteristik
seperti manusia (intelligent, imagination, dan intuition) dengan natural
language (bahasa sehari-hari).
C. Perangkat Komputer
1. Motherboard
Motherboard adalah papan sirkuit
yang berfungsi sebagai tempat komponen-komponen komputer seperti processor,
harddisk, RAM dan lain-lain. Motherboard sendiri berupa papan utama yang
berbentuk PCB dan memiliki chip BIOS, jalur-jalur maupun konektor yang
berfungsi menghubungkan masing-masing perangkat.
2. Processor
Processor merupakan sebuah IC yang mengontrol seluruh jalannya sebuah sistem komputer. Processor atau CPU (Central Processing Unit) bisa dibilang sebagai otak pada sebuah komputer, karena bertugas melakukan perhitungan maupun memerintah program yang akan dijalankan oleh komputer.
Processor merupakan sebuah IC yang mengontrol seluruh jalannya sebuah sistem komputer. Processor atau CPU (Central Processing Unit) bisa dibilang sebagai otak pada sebuah komputer, karena bertugas melakukan perhitungan maupun memerintah program yang akan dijalankan oleh komputer.
3. Harddisk
Hard disk atau hard disk drive (HDD)
merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan.
Dalam sebuah hard disk terdapat lebih dari satu piringan yang berfungsi
memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung oleh hard disk tersebut.
4. RAM ( Random Access Memory )
RAM atau Random Acces Memory
merupakan perangkat keras yang berfungsi menyimpan data maupun intruksi yang
dilakukan oleh prosessor. Berbeda dengan hard disk, penyimpanan pada RAM
bersifat sementara. Jadi ketika komputer dimatikan, data maupun intruksi yang
disimpan oleh RAM akan hilang/ dikosongkan kecuali komputer tersebut dalam mode
hibernate.
5. Power Supply
Power Supply merupakan perangkat
keras yang berfungsi sebagai penyuplai daya ke komponen-komponen yang lain
seperti motherboard, processor, VGA, dll. Power supply bisa dibilang jantung komputer,
jadi mustahil komputer bisa hidup tanpa perangkat yang satu ini.
6. Keyboard dan mouse
Keyboard merupakan papan kunci yang
tergolong sebagai alat input. Keyboard sendiri terdiri dari deretan huruf dan
angka. Terdapat berbagai jenis keyboard, antara lain : keyboard QWERTY,
keyboard DVORAK, keyboard KLOCKENBERG, keyboard Maltron, keyboard alphabetik,
dan keyboard Numeric.Seperti halnya keyboard, mouse juga tergolong sebagai alat
input. Mouse berfungsi menggerakkan kursor atau menunjuk aplikasi yang ingin
dijalankan. Perangkat ini dinamakan mouse, karena bentuknya yang menyerupai
seekor tikus. Terdapat banyak jenis-jenis mouse, anatara lain : mouse serial,
mouse PS2, mouse USB dan mouse wireless.
7. Monitor
Monitor merupakan salah satu perangkat
keras yang tergolong sebagai alat output yang berfungsi menampilkan hasil
pengolahan data berupa grafis. Tiap merek monitor mempunyai ukuran dan resolusi
yang berbeda-beda. Jenis-jenis monitor yang paling umum saat ini adalah monitor
CRT (Cathode Ray Tube) dan monitor LCD (Liquid Crystal Display.
D. Pemanfaatan Sistem atau teknologi Informasi
manfaat aplikasi teknologi
informasi di berbagai bidang. Yaitu :
4.
Bidang Sains: dalam bidang ini teknologi informasi dapat digunakan untuk
meramalkan cuaca, misalnya hujan. Dengan manfaat ini masyarakat dapat
mengantisipasi kondisi tersebut. Selain peramalan cuaca manfaat lainnya yaitu
dapat meluncurkan satelit yang bisa kita pantau dari bumi.
2. Bidang teknik / rekayasa :
manfaat aplikasi pada bidang ini yaitu dapat menciptakan aplikasi yang bisa
digunakan untuk menggambar, merancang pola bagi arsitek dll. Contoh dari
aplikasi ini yaitu, seperti Auto Cad, Corell Draw, Ms Project
3. Bidang Ekonomi :
pemanfaatan teknologi informasi bagi para pelaku ekonomi yaitu melaui
e-Commerce, dengan e-Commerce pemilik usaha dapat mempublish usahanya melalui
internet. Seperti misalnya informasi mengenai spesifikasi dan harga produk yang
dijual serta transaksi penjualannya.
4. Bidang Bisnis :
Teleconference merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan oleh para
pelaku bisnis. Dengan aplikasi tersebut pebisnis dapat terus memantau kegiatan
bisnis atau berkomunikasi dengan rekan bisnismeskipun tidak berada di tempat
dan bertatap muka.
PERKEMBANGAN
PRANGKAT KERAS DAN LUNAK
BAB II
A. Pemahaman Komponen Perangkat keras
·
Input
Unit Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer.
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer.
·
Proses
Peralatan proses pada komputer adalah perangkat keras yang
berfungsi untuk memproses dan mengolah data yang diberikan oleh peralatan input
kemudian di keluarkan dalam bentuk informasi ke dalam peralatan output yang
akan diterima oleh manusia. Peralatan proses terdiri dari beberapa komponen
perangkat keras komputer yang saling berhubungan satu sama lain. Peralatan
proses tersebut diantaranya: motherboard, cpu
·
Kontrol
Processor sering disebut sebagai
otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya.
Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem
komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi
untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada
socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan
processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard.
Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung
dari jenis dan kapasitas processor.
·
Penyimpanan
Media Penyimpanan Komputer tersebut
mempunyai berbagai macam media nya, tetapi dalam komputer alat penyimpanan
komputer tersebut hanya mempunyai 3 kategori media penyimpanan data saja
yaitu sebagai berikut :
1. Media Penyimpanan Magnetik (Magnetik Storage Media)
2. Media Penyimpanan Optical (Optical Disk)
3. Media Penyimpanan Awan (Cloud Storage)
·
Output
Istilah dari Perangkat
keluaran atau output device ini adalah setiap
bagian dari peralatan perangkat keras komputer yang digunakan untuk
mengkomunikasikan hasil pengolahan data yang dilakukan oleh suatu sistem
pengolahan informasi (seperti komputer ) yang mengubah informasi elektronik
yang dihasilkan ke dalam bentuk yang dapat dibaca manusia. Berikut adalah
beberapa macam perangkat keluaran komputer. contoh : Monitor, printer.
B. Pemahaman komponen perangkat lunak
1. Evolusi Perangkat Lunak
·
Tahap Pertama
(1950 – 1960)
Evolusi perangkat lunak tahap
pertama dimulai pada awal 1950-an sampai pertengahan 1960. Pengembangan
perangkat lunak pada tahap pertama mempunyai ciri-ciri berorientasi batch, distribusi software terbatas
untuk kalangan tertentu sehingga apabila ada perusahaan yang ingin
dibuatkan software khusus harus memesan terlebih dahulu.
·
Tahap Kedua (
1960 – 1970)
Evolusi Perangkat Lunak Tahap
Kedua dimulai pertengahan tahun 1960-an sampai awal tahun 1970-an.
Pengembangan perangkat lunak mempunyai ciri-ciri multi user. Pengguna
dari software sudah banyak dan bisa saling
berbagi. Ciri ini menunjukkan ada perkembangan baru yaitu interkasi
manusia dan komputer (Human Computer Interaction).
·
Tahap Ketiga
(1970 – 1990)
Evolusi Perangkat lUnak tahap
ketiga, dimulai pertengahan tahun 1970 sampai awal tahun 1990. Pengembangan
perangkat lunak sudah maju sedemikian pesat. Perangkat lunak sudah
menggunakan sistem terdistribusi, sehingga penyampaian informasi dari
komputer sumber ke komputer tujuan akan terasa sangat cepat.
·
Tahap Keempat
(1990 – 2000)
Evolusi Perangkat Lunak Tahap
Keempat dimulai tahun 1990 sampai tahun 2000. Pada tahap ini, perangkat
lunak sudah mendominasi dari pengembangan perangkat keras, sehingga perangkat
keras dalam hal ini komputer sangat dikendalikan oleh suatu sistem
operasi. Dan, pada masa ini pula pemrograman sudah berorientasi
obyek (OOP).
2. Prangkat
Lunak Aplikasi
·
Aplikasi Office
Aplikasi Office adalah
kumpulan aplikasi yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan perkantoran tanpa
melakukan sebuah pengkodean/Coding dengan bahasa pemrograman
terlebih dahulu. Contoh : microsoft excell, Microsofy word, dll
·
Aplikasi
Multimedia
Perangkat lunak multimedia adalah
perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah beberapa media informasi, seperti
teks, image/gambar, audio, grafik, video, dan interaktif. Banyak sekali jenis
aplikasi multimedia, mulai dari yang sekedar hanya untuk melihat (view) saja
sampai dengan membuat dan mengeditnya.
Contoh : Pemutar Musik itunes,
Pemutar dan pengedit video adobe premier,dll
·
Aplikasi
Internet
Aplikasi Internet adalah istilah
untuk menyebut sebuah jaringan, bukannya suatu aplikasi tertentu. Karenanya,
internet tidaklah memiliki manfaat apa-apa tanpa adanya aplikasi yang sesuai.
Contoh : e-mail
SUMBER
Komentar
Posting Komentar