Inovasi Si & TI Modern
Inovasi SI
& New Technology
Soft Skill
Di Susun Oleh :
Fio Prasetyo
12117367
FAKULTAS ILMU
KOMPUTER
DAN TEKNOLOGI
INFORMASI (FIKTI)JURUSAN SISTEM INFORMASIUNIVERSITAS GUNADARMA2017/2018
Inovasi SI & TI Modern
Pengertian
Profesionalisme adalah kompetensi untuk melaksanakan tugas dan fungsinya
secara baik dan benar dan juga komitmen dari para anggota dari sebuah profesi
untuk meningkatkan kemampuan dari seorang karyawan.
Profesional sendiri mempunyai arti seorang yang terampil, handal dan
sangat bertanggung jawab dalam menjalankan tugas (Profesinya).
Ciri-ciri
Profesionalisme IT
Ciri-ciri Profesionalime yang harus dimiliki oleh seorang IT berbeda dari
bidang pekerjaan yang lainnya. Ciri-cirinya adalah sebagai berikut :
1.
Memiliki kemampuan / keterampilan
dalam menggunakan peralatan yang berhubungan
dengan bidang pekerjaan IT.Seorang IT harus mengetahui dan mempraktekkan
pengetahuan ITnya ke dalam pekerjaannya.
2.
Punya ilmu dan pengalaman dalam
menganalisa suatu software atau Program.
3.
Bekerja di bawah disiplin kerja
4.
mampu melakukan pendekatan disipliner
5.
Mampu bekerja sama
6.
Cepat tanggap terhadap masalah client.
Kode Etik
Setiap bidang profesi memiliki aturan-aturan / hukum-hukum
yang mengatur bagaimana seorang profesional berfikir dan bertindak. Seseorang
yang melakukan kesalahan kode etik dinyatakan melakukan malpratek dan bisa
mendapatkan sanksi sesuai dengan peraturan yang diberikan. sanksi yang didapat
buisa berubah teguran, sebutan tidak profesionalisme, dipecat, bahkan mendapatkan
hukum pidana.
Kode Etik di bidang IT juga diperlukan untuk mengatur
bagaimana para IT profesional ini melakukan kegiatannya. Kode etik yang harus
dimiliki oleh seorang IT adalah :
1. Orang IT harus bertanggung jawab terhadap hardware dan software.
Yang dimaksud hardware adalah barang-barang IT yang bisa disentuh, seperti
monitor,printer,scanner,dll.
Yang dimaksud software adalah produk IT yang bisa dilihat
tapi tidak bisa disentuh, seperti aplikasi, software, data dan sebagainya.
2. Peranannya yang sangat besar dan mendasar dalam
perusahaan menuntut orang IT untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya secara
profesi. Orang IT akan berperan penting dalam pengolahan data, penggunaan
teknologi, dan peningkatan terus-menerus akan bisnis proses suatu perusahaan
agar perusahaan mempunyai daya saing tinggi. Bisnis proses adalah suatu
rangkaian proses dalam perusahaan yang melibatkan berbagai input untuk
menghasilkan output yang berkualitas secara berkualitas, sehingga perusahaan
dapat menghasilkan laba. Karena demikian pentingya suatu bisnis proses dalam
suatu perusahaan, maka sudah dipastikan bisnis proses suatu perusahaan tidak
boleh bocor ke perusahaan pesaing.
3. Orang IT sebagai orang yang paling tahu akan bisnis
proses perusahaan mempunyai kode etik yang mendasar untuk menjaga
kerahasiaannya. Perusahaan sendiri mengantisipasi hal ini dengan adanya kontrak
kerahasiaan yang wajib ditandatangani oleh orang IT.
4. Sangat diutamakan bahwa seorang IT harus mempunyai etika
yang membangun.
Jenis – Jenis Profesi
di bidang IT
1.
IT Programmer
2.
System Analyst
3.
IT Project Manager
4.
IT Support Officer
5.
Network Administrator
6.
Network and Computer
Systems Administrators
7.
Web Administrators
8.
Web Developers
9.
Network Systems and Data
Communications Analysts
Deskripsi Kerja Profesi IT
Berikut ini merupakan beberapa deskripsi kerja (job description) dari beberapa profesi yang terdapat di bidang IT.
1. IT Programmer
• Mengambil bagian dalam pengembangan dan integrasi perangkat lunak.
• Mengembangkan secara aktif kemampuan dalam pengembangan perangkat lunak.
• Menerima permintaan user untuk masalah-masalah yang harus diselesaikan.
• Menyediaakan dukungan dan penyelesaian masalah konsumen baik untuk konsumen internal maupun eksternal.
Berikut ini merupakan beberapa deskripsi kerja (job description) dari beberapa profesi yang terdapat di bidang IT.
1. IT Programmer
• Mengambil bagian dalam pengembangan dan integrasi perangkat lunak.
• Mengembangkan secara aktif kemampuan dalam pengembangan perangkat lunak.
• Menerima permintaan user untuk masalah-masalah yang harus diselesaikan.
• Menyediaakan dukungan dan penyelesaian masalah konsumen baik untuk konsumen internal maupun eksternal.
2. System Analyst
• Mengumpulkan informasi untuk penganalisaan dan evaluasi sistem yang sudah ada maupun untuk rancangan suatu sistem.
• Riset, perencanaan, instalasi, konfigurasi, troubleshoot, pemeliharaan, dan upgrade sistem pengoperasian.
• Riset, perencanaan, instalasi, konfigurasi, troubleshoot, pemeliharaan, dan upgrade perangkat keras, perangkat lunak, serta sistem pengoperasiannya.
• Mengumpulkan informasi untuk penganalisaan dan evaluasi sistem yang sudah ada maupun untuk rancangan suatu sistem.
• Riset, perencanaan, instalasi, konfigurasi, troubleshoot, pemeliharaan, dan upgrade sistem pengoperasian.
• Riset, perencanaan, instalasi, konfigurasi, troubleshoot, pemeliharaan, dan upgrade perangkat keras, perangkat lunak, serta sistem pengoperasiannya.
3. IT Project Manager
• Mengembangkan dan mengelola work breakdown structure (WBS) proyek teknologi informasi.
• Mengembangkan atau memperbarui rencana proyek untuk proyek-proyek teknologi informasi termasuk informasi seperti tujuan proyek, teknologi, sistem, spesifikasi informasi, jadwal, dana, dan staf.
• Mengelola pelaksanaan proyek untuk memastikan kepatuhan terhadap anggaran, jadwal, dan ruang lingkup.
• Mengembangkan dan mengelola work breakdown structure (WBS) proyek teknologi informasi.
• Mengembangkan atau memperbarui rencana proyek untuk proyek-proyek teknologi informasi termasuk informasi seperti tujuan proyek, teknologi, sistem, spesifikasi informasi, jadwal, dana, dan staf.
• Mengelola pelaksanaan proyek untuk memastikan kepatuhan terhadap anggaran, jadwal, dan ruang lingkup.
5. IT Support Officer
• Menerima, memprioritaskan dan menyelesaikan permintaan bantuan IT.
• Membeli hardware IT, software dan hal-hal lain yang berhubungan dengan hal tersebut.
• Instalasi, perawatan dan penyediaan dukungan harian baik untuk hardware & software Windows & Macintosh, peralatan termasuk printer, scanner, hard-drives external, dll.
• Menerima, memprioritaskan dan menyelesaikan permintaan bantuan IT.
• Membeli hardware IT, software dan hal-hal lain yang berhubungan dengan hal tersebut.
• Instalasi, perawatan dan penyediaan dukungan harian baik untuk hardware & software Windows & Macintosh, peralatan termasuk printer, scanner, hard-drives external, dll.
5. . Network Administrator
• Maintain dan perawatan jaringan LAN.
• Archive data.
• Maintain dan perawatan komputer.
• Maintain dan perawatan jaringan LAN.
• Archive data.
• Maintain dan perawatan komputer.
6.
Network and Computer
Systems Administrators
• Menjaga dan mengelola jaringan komputer dan lingkungan komputasi terkait termasuk perangkat keras komputer, perangkat lunak sistem, perangkat lunak aplikasi, dan semua konfigurasi.
• Melakukan backup data dan operasi pemulihan kerusakan.
• Mendiagnosa, memecahkan masalah, dan menyelesaikan perangkat keras, perangkat lunak, atau jaringan lainnya dan masalah sistem, dan mengganti komponen yang rusak bila diperlukan.
• Menjaga dan mengelola jaringan komputer dan lingkungan komputasi terkait termasuk perangkat keras komputer, perangkat lunak sistem, perangkat lunak aplikasi, dan semua konfigurasi.
• Melakukan backup data dan operasi pemulihan kerusakan.
• Mendiagnosa, memecahkan masalah, dan menyelesaikan perangkat keras, perangkat lunak, atau jaringan lainnya dan masalah sistem, dan mengganti komponen yang rusak bila diperlukan.
7.
Web Administrators
• Back up atau memodifikasi aplikasi dan data yang terkait untuk menyediakan pemulihan kerusakan.
• Menentukan sumber halaman web atau masalah server, dan mengambil tindakan untuk memperbaiki masalah tersebut.
• Meninjau atau memperbarui konten halaman web atau link pada waktu yang tepat, menggunakan tool-tool.
• Back up atau memodifikasi aplikasi dan data yang terkait untuk menyediakan pemulihan kerusakan.
• Menentukan sumber halaman web atau masalah server, dan mengambil tindakan untuk memperbaiki masalah tersebut.
• Meninjau atau memperbarui konten halaman web atau link pada waktu yang tepat, menggunakan tool-tool.
8.
Web Developers
• Mendesain, membangun, atau memelihara situs web, menggunakan authoring atau bahasa scripting, alat penciptaan konten, alat manajemen, dan media digital.
• Melakukan atau update situs web langsung.
• Menulis, desain, atau mengedit konten halaman web, atau yang lain langsung memproduksi konten.
• Mendesain, membangun, atau memelihara situs web, menggunakan authoring atau bahasa scripting, alat penciptaan konten, alat manajemen, dan media digital.
• Melakukan atau update situs web langsung.
• Menulis, desain, atau mengedit konten halaman web, atau yang lain langsung memproduksi konten.
9.
Network Systems and Data
Communications Analysts
·
Membantu pengguna untuk
mendiagnosa dan memecahkan masalah komunikasi data.
·
Memantau kinerja sistem dan
menyediakan langkah-langkah keamanan, tips dan pemeliharaan yang diperlukan.
C)
Standar Profesi di Indonesia
Berdasarkan
perkembangan Teknologi Informasi secara umum, serta kebutuhan di Indonesia
serta dalam upaya mempersiapkan diri untuk era perdagangan global. Beberapa
usulan dituangkan dalam bab ini. Usulan-usulan tersebut disejajarkan dengan
kegiatan SRIG-PS (SEARCC), dan IPKIN selaku perhimpunan masyarakat komputer dan
informatika di Indonesia. Juga tak terlepas dari agenda pemerinta melalui
Departemen terkait.
Langkah-langkah yang
diusulan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut :
1. Penyusunan kode etik profesiolan
Teknologi Infomrasi
2. Penyusunan Klasifikasi Pekerjaan (Job)
Teknologi Informasi di Indonesia
3. Penerapanan mekanisme sertifikasi untuk
profesional TI
4. Penerapan sistem akreditasi untuk Pusat
Pelatihan dalam upaya Pengembangan Profesi
5. Penerapan mekanisme re-sertifikasi
6. Promosi Standard Profesi Teknologi
Informasi
Beberapa rencana
kegiatan SRIG-PS pada masa mendatang dalam upaya memasyarakatkan model
standardisasi profesi dalam dunia TI adalah :
·
Distribusi dari manual SRIG-PS di
SEARCC”96 di Bangkok.pada bulan Juli 1996.Promosi secara ekstensif oleh para
anggota dari 1996-1997 Presentasi tiap negara yang telah benar-benar
mengimplementasikan standard yang berdasarkan model SRIG-PS, pada SEARCC’97 di
New Delhi. Ini merupakan penutupan phase 2 dari SRIG-PS.
·
Untuk memasyarakatkan stardisasi profesi
dan sistem sertiikasi ini, maka harus dilakukan lebih banyak promosi dalam
penyebaran standard kompetensi. Promosi akan dilakukan melalui radio, majalah,
atau bahkan TV. Terlebih lagi, adalah penting untuk mempromosikan standard ini
ke pada institusi pendidikan, teurtama Bagian Kurikulum, karena pendidikan
Teknologi Informasi harus disesuaikan agar cocok dengan standard yang akan
diterapkan dalam industri.
·
Rencana strategis dan operasional untuk
mempromosikan implementasi dari rekomendasi SRIG-PS di negara-negara anggota
SEARCC.
Promosi ini memiliki
berbagai sasaran, pada tiap sasaran tujuan yang ingin dicapai adalah
berbeda-beda.
Pemerintah, untuk
memberi saran kepada pemerintah, dan pembuat kebijaksanaan dalam bidang TI
dalam usaha pengembangan sumber daya manusia khususnya bidang TI.
Pemberi Kerja, untuk
membangkitkan kesadaran di antara para pemberi kerja tetang nilai-nilai dari
standard profesional dalam meningkatkan kualitas profesional TI.
Profesional TI, untuk
mendorong agar profesional TI, dari negara anggota melihat nilai-nilai snatndar
dalam profesi dak karir mereka.
Insitusi dan Penyusun
kebijaksanaan Pendidikan, untuk memberi saran pada pembentukan kurikulum agar
dapat memenuhi kebutuhan dan standard profesional di regional ini dalam
Teknologi Informasi.
Masyarakat Umum, untuk
menyadarkan umum bahwa Standard Profesional Regional adalah penting dalam
menghasilkan produk dan jasa yang berkualitas.
Untuk mempromosikan
model standardisasi dalam dunia TI ini, SEARCC memiliki berbagai perencanaan
kampanye antara lain :
1. Publikasi dari Standard Profesional
Regional diterbitkan di seluruh negara anggota
2. Presentasi secara formal di tiap negara
anggota.
3. Membantu implementasi standard di
negara-negara anggota
4. Memonitor pelaksanaan standard melalui
Himpunan/Ikatan nasional
5. Melakukan evaluasi dan pengujian
6. Melakukan perbaikan secara terus menerus
7. Penggunaan INTERNET untuk menyebarkan informasi
mengenai standard ini
Untuk mengimplementasi
promosi di Phase 2, SRIG-PS memperoleh dana bantuan yang akan digunakan untuk :
Biaya publikasi :
disain, percetakan dan distribusi
Presentasi formal di
negara anggota
Membantu implementasi
standar di negara anggota
Pertemuan untuk
mengkonsolidasi, memonitor, dan bertukar pengalaman.
Adalah penting untuk
menyusun WEBpage mengenai Standardisasi Profesi pada Teknologi Informasi.
WEBpage ini akan memberikan informasi mengenai model SRIG-PS dan model standard
di Indonesia.
e. Contoh
– contoh sertifikasi nasional dan internasional
Sertifikasi software & database
development
• Database
Microsoft SQL Server → sertifikasi dari Microsoft : Microsoft Certified DBA
• Database
Oracle → sertifikasi dari Oracle : Oracle Certified DBA, terdapat tiga jenjang,
yaitu Oracle Certified DBA Associate, Oracle Certified DBA Professional, dan
Oracle Certified DBA Master
• Oracle
Certified Developer, terdapat tiga jenjang, yaitu Oracle9i PL/SQl Developer
Certified Associate, Oracle9iForms Developer Certified Professional, dan
Oracle9iAS Web Administrator
• Oracle9i
Application Server, Administrator Certified Associate menyediakan jenjang
Sertifikasi administration &
maintenance
Administrasi
adalah proses penyelenggaraan kerja yang dilakukan bersama-sama untuk mencapai
tujuan yang telah ditetapkan. Administrasi, baik dalam pengertian luas maupun
sempit di dalam penyelenggaraannya diwujudkan melalui fungsi-fungsi manajemen,
yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan.
Administrasi adalah segenap proses penyelenggaraan dalam setiap usaha kerja
sama sekelompok manusia untuk mencapai tujuan tertentu.
Maintenance adalah suatu kegiatan yang
dilakukan secara berulang-ulang dengan tujuan agar peralatan selalu memiliki
kondisi yang sama dengan keadaan awalnya. Maintenance atau pemeliharaan juga
dilakukan untuk menjaga agar peralatan tetap berada dalam kondisi yang dapat
diterima oleh penggunanya.
Sertifikasi yang diberikan sebagai
bentuk pengakuan profesionalitas di bidang Administration dan Maintenance,
yaitu Oracle Certified DBA Associate, Oracle Certified DBA Professional,
Oracle9iAS Web Administrator, Microsoft Certified DBA, Cisco Certified Network
Associate (CCNA), CompTIA Network+, Master CIW Administrator, WOW Certified Web
Administrator Apprentice (CWAA), System Administration Guild (SAGE).
Sertifikat management dan audit
Manajemen
berasal dari bahasa latin yaitu asal kata “manus” yang berarti tangan dan
“agere” yang berarti melakukan. Kedua kata itu digabung membentuk kata kerja
“managere” yang berarti menangani. “Managere” diterjemahkan ke dalam bahasa
Inggris menjadi “manage”, dan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi
“manajemen” atau pengelolaan.
Audit adalah evaluasi
terhadap suatu organisasi, sistem, proses, atau produk. Audit teknologi
informasi adalah bentuk pengawasan dan pengendalian dari infrastruktur
teknologi informasi secara menyeluruh. Istilah lain dari audit teknologi
informasi adalah audit komputer yang banyak dipakai untuk menentukan apakah
aset sistem informasi perusahaan itu telah bekerja secara efektif, dan
integratif dalam mencapai target organisasinya. Audit dilaksanakan oleh pihak
yang kompeten, objektif, dan tidak memihak, yang disebut auditor. Tujuannya
adalah untuk melakukan verifikasi bahwa subjek dari audit telah diselesaikan
atau berjalan sesuai dengan standar, regulasi, dan praktik yang telah disetujui
dan diterima.
Profesi di bidang Administration dan
Maintenance yaitu seperti Database Administrator, System Administrator, Network
Administrator, IT Administrator dan Network Engineer.
Sertifikasi yang diberikan sebagai
bentuk pengakuan profesionalitas di bidang Administration dan Maintenance,
yaitu Oracle Certified DBA Associate, Oracle Certified DBA Professional,
Oracle9iAS Web Administrator, Microsoft Certified DBA, Cisco Certified Network
Associate (CCNA), CompTIA Network+, Master CIW Administrator, WOW Certified Web
Administrator Apprentice (CWAA), System Administration Guild (SAGE).
Institusi yang menawarkan sertifikasi
untuk Administration dan Maintenance antara lain Oracle, Microsoft, Cisco,
CompTIA, Certified Internet Web Master (CIW), World Organization of Webmasters
(WOW), dan Information Systems Audit and Control Association (ISACA).
Sertifikasi yang diberikan sebagai
bentuk pengakuan profesionalitas di bidang Management dan Audit, antara lain :
• CISA
(Certified Information Systems Auditor)
• CISM
(Certified Information Security Manager)
• CISSP
(Certified IS Security Professional)
• CIA
(Certified Internal Auditor)
BAB IV : Tren sist / TI saat ini
a. Tren
produk perbankan
Semakin majunya
teknologi di dunia transaksi perbankanpun mulai mengunakan teknologi berbasis
komputer untuk mempermudah transaksi dengan nasabah. yang tadinya melayani
nasabah dengan harus bertemu / nasabah datang ke cabang2 bank yang disediakan
oleh bank yang dia gunakan untuk menabung/infertasi menjadi lebih mudah karena
bank mulai mengunakan teknoligi berbasis komputer dan sekarang sudah bisa
mengakses lewat internet bahkan dengan mobile “HP” dengan SMS sudah banyak
diterapkan bank.
Salah satu
institusi yang menawarkan sertifikasi untuk Management dan Audit yaitu
Information Systems Audit and Control Association (ISACA). Trend Produk Sistem
Informasi Perbankan Saat ini bank ritel di Indonesia memiliki produk dan
layanan:
• Tabungan
• Deposito
• Giro
• Kartu
Debit
• Kartu
Kredit
• Perdagangan
Bank Notes, Valas, dsb (Trade Finance)
b. - E-Commerce
Merupakan
aplikasi perdagangan yang memanfaatkan fasilitas internet, yang menjadikan
setiap individu atau perusahaan dapat secara langsung tersambung secara digital
ke perusahaan atau individu lainnya untuk melakukan transaksi bisnis.
Pemanfaatanya saat ini dapat dikategorikan
dalam :
• Business
to business
• Business
to customers
Dan terdapat kedua belah pihak dapat
berintransaksi secara langsung.terlebih dahulu harus dibangun 2 sistem yang
terintegrasi.
• Interactive
order entry dan processing
Menjamin adanya
tersedianya fasilitas berintraksi. Informasi produk dan specifikasi
(e-marketplace), pemesanan(placing order), order procesing sampai pemenuhan
order (e-fulfillment).contoh aplikasinya seperti: lazada, tokopedia, dan
bukalapak.
• On-line
payment
Fasilitas
internet yang memungkinkan pembayaran dilakukan secara on-line antara pembeli
ke bank atau kredit card, setelah proses order memenuhi persyaratannya
(e-fulfillment).fasilitas ini mengantikan proses dagang konversial seperti:
pesan lewat fax, e-mail, dan pembayaran dengan L/C sampai monitoring
kelengkapan dokumennya.
- E-Goverment
Salah satu
sistem informasi pemerintahan yang berbasis web dan internet protocol untuk
meningkatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakatnya secara cepat mudah, dan
praktis.contoh aplikasinya seperti: e-ktp, sim on-line, listrik, dan pajak.
- E-Resourches
Suatu bentuk
sistem informasi manajemen pengelolaan pendapat bagi hasil eksplorasi sumber
daya alam (sda) yang saat ini masih diimplementasikan dibidang kelautan. Dimana
pemerintah selaku pemegang hak pengelolaan membuat situs internet tentang
seluruh kandungan kekayaan alam, kebijakan ekplotasi, pola bagi hasil dari tata
cara pembayarannya. Namun seiringnya teknologi yang semakin canggih dan
mempermudah bagi hasil dengan investor yang mengeksploitasi sda tersebut di
kelola secara on-line (ATM) bank atau mentransfer uang dibank.
c. Sosial media
S osial
media adalah sebuah media daring, dengan para penggunanya bisa dengan mudah
berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial,
wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk
media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Dan
ciri – ciri sosial media terdiri dari :
• Pesan yang di sampaikan tidak hanya
untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS
ataupun internet.
• Pesan
yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper.
• Pesan
yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya.
• Penerima
pesan yang menentukan waktu interaksi.
Manfaat sosial
media:
• Mempertemukan
teman lama.
• Menjadi
ajang bisnis yang diperhitungkan.
• Untu
bersosiallisasi kepada pengguna media sosial.
Dampak sosial media:
Postif :
• Media
penyebaran informasi.
• Memperluas
jaringan pertemanan.
• menambah
banyak teman .
Negatif :
• Susah
bersosialisasi pada lingkungan sekitar.
• Akan
menutup diri dari lingkungannya.
• Tertinggal
dan terlupakan bahasa.
DAFTAR
PUSTAKA:
http://dwiasihrahaayu.blogspot.co.id/2014/06/sertifikasi-keahlian-di-bidang-it.html
https://baimers.wordpress.com/2012/12/05/contoh-contoh-sertifikasi-nasional-dan-internasional-sertifikasi-software-dan-database-development/
http://boimzenji.blogspot.co.id/2013/04/pengertian-profesionalisme-dan-ciri.html
Komentar
Posting Komentar