ILMU SOSIAL DASAR


ISD SEBAGAI SALAH SATU MKDU
Untuk memenuhi tugas Softskill salah satu Mata Kuliah
Ilmu Sosial Dasar
 

Di Susun Oleh :
Fio Prasetyo
12117367





FAKULTAS ILMU KOMPUTER
DAN TEKNOLOGI INFORMASI (FIKTI)JURUSAN SISTEM INFORMASIUNIVERSITAS GUNADARMA2017/2018




 KATA PENGANTAR


Segala puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT, karena berkat kemurahannya makalah ini dapat saya selesaikan. Makalah ini disusun agar kita dapat memperluas wawasan tentang Ilmu Sosial Dasar.
Makalah ini dibuat dalam rangka pembelajaran mata kuliah Ilmu Sosial Dasar (softskill). Pemahaman tentang manusia dan hal – hal yang berkaitan dengannya sangat diperlukan, dengan suatu harapan suatu masalah dapat diselesaikan dan dihindari kelak,
Makalah ini, tentunya masih jauh dari kesempurnaan, karena penulis juga masih dalam tahap pembelajaran. Oleh karena itu, arahan, koreksi dan saran, sangat penulis harapkan. Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca.





DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ………………………………………………..ii

DAFTAR ISI…………………………………………………………..iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang…………………………………………………....1
BAB II PEMBAHASAN
2.2 Pengertian ISD DAN IPS ……………..…………………………..2
2.3 Tujuan IDS & IPS……………….………….……,……….……....3
2.4 Tiga kelompok ilmu  pengetahuan…………...…………………...4
2.5 perbedaan ISD dan IPS……..……………….……………............4
2.6 persamaan ISD dan IPS………………….………………….……5
2.7  Ruang Lingkup ISD………………………………………………6

BAB III
3.1 Sistematika Penulisan………………………...…………..……..…7

3.2 Manfaat Penelitian………………………………….……………..7    
3.3Kesimpulan…………………………………………………………7
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………….8



BAB I

PENDAHULUAN

1.1.Latar belakang
Apa pengertian dari ISD & IPS ? apa tujuan dari  ISD & IPS ? mempelajari ISD & IPS sangatlah penting, terutama bagi mahasiswa . Sebagai salah satu usaha untuk memberi bekal, yang dapat diharapkan memberi pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala – gejala sosial agar persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan, sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar. Mahasiswa lebih perduli terhadap lingkungannya dan dapat meyelesaikan permasalahan-permasalahan sosial tersebut. Mempelajari ISD dapat dilakukan dengan pendekatan diri kita kepada lingkungan dan bersosialisasi pada orang sekitar . mempelajari IPS juga dapat di lakukan dengan pendekatan kepada masyarakat social terutama yang berada di sekitar kita.

Latar belakang lainnya, sistem pendidikan kita menjadi sesuatu yang “elite” bagi masyarakat kita sendiri, kurang akrab dengan lingkungan masyarakat, dan tidak mengenali dimensi-dimensi lain di luar disiplin keilmuannya. Perguruan tinggi seolah-olah menara gading yang banyak menghasilkan sarjana-sarjana “tukang” yang tidak mau peka terhadap denyut kehidupan, kebutuhan, serta perkembangan masyarakat.






BAB II

PEMBAHASAN

1,2 Pengertian ISD DAN IPS

Ilmu sosial dasar adalah pengetahuan yang mempelajari tentang masalah-masalah sosial, khususnya masalah-masalah yang terjadi pada masyarakat Indonesia, dengan menggunakan Teori-teori ( fakta, konsep, teori ) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-lapangan sosial, seperti Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah.
Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan suatu program pendidikan dan bukan sub-disiplin ilmu tersendiri, sehingga tidak akan ditemukan baik dalam nomenklatur filsafat ilmu, disiplin ilmu-ilmu sosial (social science), maupun ilmu pendidikan.
a.       Paul Emest

Ilmu Sosial Dasar adalah lebih dari sekedar jumlah manusia secara individu karena mereka terlibat dalam berbagai kegiatan bersama
b.      Keith Jacobs

Ilmu Sosial Dasar adalah sesuatu yang di bangun dan terjadi dalam sebuah situs komunitas


  
1.3 Tujuan ISD & IPS

            Tujuan Ilmu Sosial Dasar

·         . Tujuan umum diselenggarakannya mata kuliah Ilmu Sosial Dasar ialah pembentukan dan pengembangan kepribadian serta perluasan wawasan perhatian, pengetahuan, dan pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam lingkungannya, khususnya gejala berkenaan dengan masyarakat dengan orang lain, agar daya tanggap, presepsi, dan penalaran berkenaan dengan lingkungan social dapat dipertajam.
. Tujuan khusus:

        Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-maslah sosial yang ada dalam masyarakat.
    Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
     Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya (mempelajarinya).
     Memahami jalan pikiran para ahli dalalm bidang ilmu pengetahuan lalin dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalalm rangka penanggulangan maslah sosial yang timbul dalam masyarakat.


   Tujuan Ilmu Pengetahuan Sosial
tujuan pembelajaran IPS bertumpu pada tujuan yang lebih tinggi. Secara hirarki, tujuan pendidikan nasional pada tataran operasional dijabarkan dalam tujuan institusional tiap jenis dan jenjang pendidikan. Selanjutnya pencapaian tujuan institusional ini secara praktis dijabarkan dalam tujuan kurikuler atau tujuan mata pelajaran
pada setiap bidang studi dalam kurikulum, termasuk bidang studi IPS. Akhirnya tujuan kurikuler secara praktis operasional dijabarkan dalam tujuan instruksional atau tujuan pembelajaran.
Sub bahasan ini dibatasi pada uraian tujuan kurikuler bidang studi IPS. Tujuan kurikuler IPS yang harus dicapai sekurang-kurangnya meliputi hal-hal berikut:
§   membekali peserta didik dengan pengetahuan sosial yang berguna dalam kehidupan masyarakat;
§  membekali peserta didik dengan kemapuan mengidentifikasi, menganalisa dan menyusun alternatif pemecahan masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat;
§  membekali peserta didik dengan kemampuan berkomunikasi dengan sesama warga masyarakat dan dengan berbagai bidang keilmuan serta berbagai keahlian;

1.4 Tiga Kelompok Ilmu Pengetahuan

1.      Ilmu-ilmu Alamiah (natural science). Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas.
2.      Ilmu-ilmu sosial (social science). ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah.
3.      Pengetahuan budaya (the humanities) bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti.

2.1 Perbedaan ISD & IPS
Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kedua-duanya mempunyai perbedaan dan persamaan
Adapun perbedaan antara keduanya adalah :
a.       Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedang Ilmu PengetahuanSosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.
b.      Ilmu Sosial Dasar merupakan satu matakuliah tunggal, sedang IlmuPengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran(untuk sekolah lanjutan).
c.       Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian,sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukanpengetahuan dan ketrampilan intelektual.

2.2 Persamaan ISD & IPS
      Adapun persamaan antara keduanya adalah :
a.       Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan programpendidikan/pengajaran.
b.      Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
c.       Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.


3.1  Ruang Lingkup ISD

Ruang lngkup dalam Ilmu Sosial Dasar adalah ruang lingkup yang mencangkup kehidupan sosial dan masyarakat. Seperti berbagai macam kegiatan sosial dalam masyarakat juga masalah yang timbul dalam masyarakat serta berbagai hal mengenai kanyataan sosial dan masyarakat.
Dalam ilmu sosial dasar aspek individu, keluarga, masyarakat dan kebudayaan adalah aspek-aspek sosial yang tidak bisa dipisahkan. Keempatnya mempunyai keterkaitan yang sangat erat. Tidak akan pernah ada keluarga, masyarakat maupun kebudayaan apabila tidak ada individu.
Sementara di pihak lain untuk mengembangkan eksistensinya sebagai manusia, maka individu membutuhkan keluarga dan masyarakat, yaitu media di mana individu dapat mengekspresikan aspek sosialnya. Di samping itu, individu juga membutuhkan kebudayaan yakni wahana bagi individu untuk mengembangkan dan mencapai potensinya sebagai manusia.

Peran  ilmu sosial dasar di dalam masyarakat adalah memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial kebudayaan agar daya tanggap, persepsi, dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial budaya dapat ditingkatkan sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungannya menjadi lebih besar.
Untuk melihat ruang lingkup materi Ilmu Sosial Dasar maka dibagi kedalam tiga bagian seperti dibawah ini:
a.    Kenyataan-kenyataan social yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan maslah social tertentu. Kenyataan-kenyataan social tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu social. Karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangnya
b.    Konsep-konsep social atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan social dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukakn untuk mempelajari masalah-masalah sosial.



BAB III
PENUTUP

4.1       Sistematika Penulisan
Adapun sistematika yang digunakan oleh penulis dalam membuat karya tulis ini adalah : kata pengantar , Daftar isi , Bab I Pendahuluan , Bab II Pembahasan , Bab III Penutup, Daftar Pustaka

5.1       Manfaar Penelitian
Manfaat penulisan makalah ini secara teoritis adalah dapat di gunakan sebagai referensi untuk melakikan penulisan-penulisan ilmiah kembali tentang ilmu sosial dasar dan untuk pembaca akan lebih banyak mendapat informasi , dan menambah wawasan bagi pembaca

6.1       Kesimpulan
Jadi, dapat disimpulkan Ilmu Sosial Dasar merupakan pengetahuan yang mengkaji masalah-masalah sosial, yang bertujuan untuk memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah – masalah sosial yang ada dalam masyarakat, memberikan peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya. Dan kita akan semakin peduli terhadap lingkungan sekitar.




DAFTAR PUSTAKA

http://andikadc.blogspot.co.id/2012/11/makalah-isd-ilmu-sosial-dasar.html
http://catatanmahasiswa-yuza.blogspot.co.id/2014/12/ruang-lingkup-isd.html
http://andikadc.blogspot.co.id/2012/11/makalah-isd-ilmu-sosial-dasar.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Tulisan 1 & 2

Definisi & Perkembangan Desain Grafis

Pemuda dan Sosialisasi