ILMU SOSIAL DASAR
ISD SEBAGAI SALAH SATU MKDU
Untuk memenuhi tugas Softskill salah satu Mata Kuliah
Ilmu Sosial Dasar
Di Susun Oleh :
Fio Prasetyo
12117367
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
DAN TEKNOLOGI INFORMASI (FIKTI)JURUSAN SISTEM
INFORMASIUNIVERSITAS GUNADARMA2017/2018
KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT, karena
berkat kemurahannya makalah ini dapat saya selesaikan. Makalah ini disusun agar
kita dapat memperluas wawasan tentang Ilmu Sosial Dasar.
Makalah ini dibuat dalam rangka pembelajaran mata kuliah
Ilmu Sosial Dasar (softskill). Pemahaman tentang manusia dan hal – hal yang
berkaitan dengannya sangat diperlukan, dengan suatu harapan suatu masalah dapat
diselesaikan dan dihindari kelak,
Makalah ini, tentunya masih jauh dari kesempurnaan, karena
penulis juga masih dalam tahap pembelajaran. Oleh karena itu, arahan, koreksi
dan saran, sangat penulis harapkan. Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan
yang lebih luas kepada pembaca.
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ………………………………………………..ii
DAFTAR ISI…………………………………………………………..iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang…………………………………………………....1
BAB II PEMBAHASAN
2.2 Pengertian ISD DAN IPS ……………..…………………………..2
2.3 Tujuan IDS & IPS……………….………….……,……….……....3
2.4 Tiga kelompok ilmu
pengetahuan…………...…………………...4
2.5 perbedaan ISD dan IPS……..……………….……………............4
2.6 persamaan ISD dan IPS………………….………………….……5
2.7 Ruang Lingkup
ISD………………………………………………6
BAB III
3.1 Sistematika Penulisan………………………...…………..……..…7
3.2 Manfaat Penelitian………………………………….……………..7
3.3Kesimpulan…………………………………………………………7
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………….8
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar belakang
Apa pengertian dari ISD & IPS ? apa tujuan dari ISD & IPS ? mempelajari ISD & IPS
sangatlah penting, terutama bagi mahasiswa . Sebagai salah satu usaha untuk
memberi bekal, yang dapat diharapkan memberi pengetahuan umum dan pengetahuan
dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala – gejala
sosial agar persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial
dapat ditingkatkan, sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungan sosialnya
menjadi lebih besar. Mahasiswa lebih perduli terhadap lingkungannya dan dapat
meyelesaikan permasalahan-permasalahan sosial tersebut. Mempelajari ISD dapat
dilakukan dengan pendekatan diri kita kepada lingkungan dan bersosialisasi pada
orang sekitar . mempelajari IPS juga dapat di lakukan dengan pendekatan kepada
masyarakat social terutama yang berada di sekitar kita.
Latar belakang lainnya, sistem pendidikan kita menjadi
sesuatu yang “elite” bagi masyarakat kita sendiri, kurang akrab dengan
lingkungan masyarakat, dan tidak mengenali dimensi-dimensi lain di luar
disiplin keilmuannya. Perguruan tinggi seolah-olah menara gading yang banyak
menghasilkan sarjana-sarjana “tukang” yang tidak mau peka terhadap denyut
kehidupan, kebutuhan, serta perkembangan masyarakat.
BAB II
PEMBAHASAN
1,2 Pengertian ISD DAN IPS
Ilmu sosial dasar adalah pengetahuan yang mempelajari
tentang masalah-masalah sosial, khususnya masalah-masalah yang terjadi pada
masyarakat Indonesia, dengan menggunakan Teori-teori ( fakta, konsep, teori )
yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan
ilmu-lapangan sosial, seperti Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial,
Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah.
Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan suatu program pendidikan
dan bukan sub-disiplin ilmu tersendiri, sehingga tidak akan ditemukan baik
dalam nomenklatur filsafat ilmu, disiplin ilmu-ilmu sosial (social science),
maupun ilmu pendidikan.
a. Paul Emest
Ilmu Sosial Dasar adalah lebih dari sekedar jumlah manusia
secara individu karena mereka terlibat dalam berbagai kegiatan bersama
b. Keith Jacobs
Ilmu Sosial Dasar adalah sesuatu yang di bangun dan terjadi
dalam sebuah situs komunitas
1.3 Tujuan ISD & IPS
Tujuan
Ilmu Sosial Dasar
· . Tujuan
umum diselenggarakannya mata kuliah Ilmu Sosial Dasar ialah pembentukan dan
pengembangan kepribadian serta perluasan wawasan perhatian, pengetahuan, dan
pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam lingkungannya,
khususnya gejala berkenaan dengan masyarakat dengan orang lain, agar daya
tanggap, presepsi, dan penalaran berkenaan dengan lingkungan social dapat
dipertajam.
. Tujuan khusus:
Memahami dan
menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-maslah sosial yang ada
dalam masyarakat.
Peka terhadap
masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha
menanggulanginya.
Menyadari bahwa
setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan
hanya dapat mendekatinya (mempelajarinya).
Memahami jalan
pikiran para ahli dalalm bidang ilmu pengetahuan lalin dan dapat berkomunikasi
dengan mereka dalalm rangka penanggulangan maslah sosial yang timbul dalam
masyarakat.
Tujuan Ilmu
Pengetahuan Sosial
tujuan pembelajaran IPS bertumpu pada tujuan yang lebih
tinggi. Secara hirarki, tujuan pendidikan nasional pada tataran operasional
dijabarkan dalam tujuan institusional tiap jenis dan jenjang pendidikan.
Selanjutnya pencapaian tujuan institusional ini secara praktis dijabarkan dalam
tujuan kurikuler atau tujuan mata pelajaran
pada setiap bidang studi dalam kurikulum, termasuk bidang
studi IPS. Akhirnya tujuan kurikuler secara praktis operasional dijabarkan
dalam tujuan instruksional atau tujuan pembelajaran.
Sub bahasan ini dibatasi pada uraian tujuan kurikuler bidang
studi IPS. Tujuan kurikuler IPS yang harus dicapai sekurang-kurangnya meliputi
hal-hal berikut:
§ membekali peserta
didik dengan pengetahuan sosial yang berguna dalam kehidupan masyarakat;
§ membekali peserta
didik dengan kemapuan mengidentifikasi, menganalisa dan menyusun alternatif
pemecahan masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat;
§ membekali peserta
didik dengan kemampuan berkomunikasi dengan sesama warga masyarakat dan dengan
berbagai bidang keilmuan serta berbagai keahlian;
1.4 Tiga Kelompok Ilmu Pengetahuan
1. Ilmu-ilmu
Alamiah (natural science). Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui
keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal
ini digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hukum yang berlaku
mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan
suatu kualitas.
2. Ilmu-ilmu
sosial (social science). ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji
keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk
mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu
alamiah.
3. Pengetahuan
budaya (the humanities) bertujuan untuk memahami dan mencari arti
kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan
metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat
unik, kemudian diberi arti.
2.1 Perbedaan ISD & IPS
Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
kedua-duanya mempunyai perbedaan dan persamaan
Adapun perbedaan antara keduanya adalah :
a. Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan
Tinggi, sedang Ilmu PengetahuanSosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah
Lanjutan.
b. Ilmu Sosial
Dasar merupakan satu matakuliah tunggal, sedang IlmuPengetahuan Sosial
merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran(untuk sekolah lanjutan).
c. Ilmu Sosial
Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian,sedang Ilmu
Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukanpengetahuan dan ketrampilan
intelektual.
2.2 Persamaan ISD & IPS
Adapun persamaan
antara keduanya adalah :
a. Kedua-duanya
merupakan bahan studi untuk kepentingan programpendidikan/pengajaran.
b. Keduanya bukan
disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
c. Keduanya
mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
3.1 Ruang Lingkup ISD
Ruang lngkup dalam Ilmu Sosial Dasar adalah ruang lingkup
yang mencangkup kehidupan sosial dan masyarakat. Seperti berbagai macam
kegiatan sosial dalam masyarakat juga masalah yang timbul dalam masyarakat
serta berbagai hal mengenai kanyataan sosial dan masyarakat.
Dalam ilmu sosial dasar aspek individu, keluarga, masyarakat
dan kebudayaan adalah aspek-aspek sosial yang tidak bisa dipisahkan. Keempatnya
mempunyai keterkaitan yang sangat erat. Tidak akan pernah ada keluarga,
masyarakat maupun kebudayaan apabila tidak ada individu.
Sementara di pihak lain untuk mengembangkan eksistensinya
sebagai manusia, maka individu membutuhkan keluarga dan masyarakat, yaitu media
di mana individu dapat mengekspresikan aspek sosialnya. Di samping itu,
individu juga membutuhkan kebudayaan yakni wahana bagi individu untuk
mengembangkan dan mencapai potensinya sebagai manusia.
Peran ilmu sosial
dasar di dalam masyarakat adalah memberikan pengetahuan dasar dan pengertian
umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala
sosial kebudayaan agar daya tanggap, persepsi, dan penalaran mahasiswa dalam
menghadapi lingkungan sosial budaya dapat ditingkatkan sehingga kepekaan
mahasiswa pada lingkungannya menjadi lebih besar.
Untuk melihat ruang lingkup materi Ilmu Sosial Dasar maka
dibagi kedalam tiga bagian seperti dibawah ini:
a.
Kenyataan-kenyataan social yang ada dalam masyarakat, yang secara
bersama-sama merupakan maslah social tertentu. Kenyataan-kenyataan social
tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu social. Karena
adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangnya
b. Konsep-konsep
social atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan social dibatasi
pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukakn untuk mempelajari
masalah-masalah sosial.
BAB III
PENUTUP
4.1 Sistematika
Penulisan
Adapun sistematika yang digunakan oleh penulis dalam membuat
karya tulis ini adalah : kata pengantar , Daftar isi , Bab I Pendahuluan , Bab
II Pembahasan , Bab III Penutup, Daftar Pustaka
5.1 Manfaar
Penelitian
Manfaat penulisan makalah ini secara teoritis adalah dapat
di gunakan sebagai referensi untuk melakikan penulisan-penulisan ilmiah kembali
tentang ilmu sosial dasar dan untuk pembaca akan lebih banyak mendapat
informasi , dan menambah wawasan bagi pembaca
6.1 Kesimpulan
Jadi, dapat disimpulkan Ilmu Sosial Dasar merupakan
pengetahuan yang mengkaji masalah-masalah sosial, yang bertujuan untuk memahami
dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah – masalah sosial
yang ada dalam masyarakat, memberikan peka terhadap masalah-masalah sosial dan
tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya. Dan kita akan
semakin peduli terhadap lingkungan sekitar.
DAFTAR PUSTAKA
http://andikadc.blogspot.co.id/2012/11/makalah-isd-ilmu-sosial-dasar.html
http://catatanmahasiswa-yuza.blogspot.co.id/2014/12/ruang-lingkup-isd.html
http://andikadc.blogspot.co.id/2012/11/makalah-isd-ilmu-sosial-dasar.html
Komentar
Posting Komentar