Trend Sistem / teknologi informasi masa depan
Inovasi SI
& New Technology
Soft Skill
Trend Sistem / teknologi informasi masa depan
Di Susun Oleh :
Fio Prasetyo
12117367
FAKULTAS ILMU
KOMPUTER
DAN TEKNOLOGI
INFORMASI (FIKTI) JURUSAN SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS GUNADARMA 2017/2018
Bab
5 : Trend Sistem / teknologi informasi masa depan
A.
EKONOMI API(APLIKASI PENGHUBUNG PEMROGRAMAN)
B.
API (Application Programming Interface) adalah
sekumpulan perintah, fungsi, dan protokol yang dapat digunakan oleh programmer
saat membangun perangkat lunak untuk sistem operasi tertentu. API memungkinkan
programmer untuk menggunakan fungsi standar untuk berinteraksi dengan sistem
operasi lain.
API adalah sebuah bahasa dan format
pesan yang digunakan oleh program aplikasi untuk berkomunikasi dengan system
operasi atau program pengendalian lainnnya seperti system manajemen database
(DBMS) atau komunikasi protocol.
Dalam contoh sederhana,
dibutuhkan setidaknya ribuan system calls per detik. Oleh karena itu Kebanyakan
programmer membuat aplikasi dengan menggunakan Application Programming
Interface(API). Dalam API itu terdapat fungsi-fungsi/perintah-perintah untuk
menggantikan bahasa yang digunakan dalam system calls dengan bahasa yang lebih
terstruktur dan mudah dimengerti oleh programmer. Fungsi yang dibuat dengan
menggunakan API tersebut kemudian akan memanggil system calls sesuai dengan
sistem operasinya. Tidak tertutup kemungkinan nama dari system calls sama
dengan nama di API.
Sebagai contoh, Amazon.com merilis API sehingga pengembang situs
web dapat lebih mudah mengakses informasi produk Amazon, menggunakan Amazon
API, sebuah situs web pihak ketiga dapat memposting link langsung ke produk
Amazon dengan harga yang terupdate dan pilihan untuk “beli sekarang”.
B. Pemasaran
dimensi
Pemasaran adalah
salah satu fungsi organisasi dan seperangkat proses untuk
menciptakan,mengkomunikasikan dan menyerahkan nilai kepada pelanggan dan
mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan para
pemlik sahamnya.
Menurut
Tandjung (2004) empat dimensi relationship marketing adalah:
1) Bonding
Ketergantungan antara kedua belah pihak harus cukup kuat, sehingga hubungan keduanya dapat bertahan lama. Seorang pelanggan bila merasa tidak memiliki ketergantungan yang kuat terhadap penjual, maka kemungkinan pelanggan tersebut akan sering berganti pemasok.
Ketergantungan antara kedua belah pihak harus cukup kuat, sehingga hubungan keduanya dapat bertahan lama. Seorang pelanggan bila merasa tidak memiliki ketergantungan yang kuat terhadap penjual, maka kemungkinan pelanggan tersebut akan sering berganti pemasok.
2) Empathy
Seorang penjual harus memiliki kepedulian (empathy) kepada pelanggan, artinya seorang penjualan hendaknya peduli terhadap permasalahan yang dihadapai pelanggan dan memperhatikan sudut pandang pelanggan dalam mengatasi suatu masalah.
Seorang penjual harus memiliki kepedulian (empathy) kepada pelanggan, artinya seorang penjualan hendaknya peduli terhadap permasalahan yang dihadapai pelanggan dan memperhatikan sudut pandang pelanggan dalam mengatasi suatu masalah.
3) Reciprocity
Hubungan jangka panjang haruslah saling memberi dan menerima. Artinya, baik penjual maupun pelanggan sama-sama mendapat keuntungan. Pelanggan yang menginginkan diskon besar, tentunya harus mengimbangi dengan pembayaran tunai.
Hubungan jangka panjang haruslah saling memberi dan menerima. Artinya, baik penjual maupun pelanggan sama-sama mendapat keuntungan. Pelanggan yang menginginkan diskon besar, tentunya harus mengimbangi dengan pembayaran tunai.
4) Trust
Trust lebih dari sekedar believe, meskipun kedua kata tersebut memiliki arti yang hampir sama. Masing-masing pihak bila memiliki komitmen yang kuat, maka akan menciptakan rasa sangat percaya (trust) dan memperkuat hubungan.
Trust lebih dari sekedar believe, meskipun kedua kata tersebut memiliki arti yang hampir sama. Masing-masing pihak bila memiliki komitmen yang kuat, maka akan menciptakan rasa sangat percaya (trust) dan memperkuat hubungan.
C. Robot
Manusia
Robot adalah sebuah sistem mekanik yang mempunyai
fungsi gerak analog untuk fungsi gerak organisme hidup, atau kombinasi dari
banyak fungsi gerak dengan fungsi intelligent, oleh official Japanese
Klasifikasi ROBOT
Robot
diklasifikasikan kedalam 4 bagian :
1. Non Mobile Robot
Robot ini tidak dapat berpindah posisi dari satu tempat ke tempat
lainnya, sehingga robot tersebut hanya dapat menggerakkan beberapa bagian dari
tubuhnya dengan fungsi tertentu yang telah dirancang.
contoh : robot manipulator berlengan
2. Mobile Robot
Mobile dapat diartikan bergerak, sehingga robot ini dapat
memindahkan dirinya dari satu tempat ke tempat lain. dari segi manfaat, robot
ini diharapkan dapat membantu manusia dalam melakukan otomasi dalam
transportasi, platform bergerak untuk robot industri, eksplorasi tanpa awak dan
masih banyak lagi.
contoh : Robot Line Follower
3. Gabungan Mobile Robot dan Non Mobile Robot
Robot ini merupakan penggabungan dari fungsi-fungsi pada robot mobile dan non-mobile. sehingga keduanya saling melengkapi dimana robot nonmobile dapat terbantu fungsinya dengan bergerak dari satu tempat ke tempat lain.
Robot ini merupakan penggabungan dari fungsi-fungsi pada robot mobile dan non-mobile. sehingga keduanya saling melengkapi dimana robot nonmobile dapat terbantu fungsinya dengan bergerak dari satu tempat ke tempat lain.
4. Robot Humanoid
Robot ini dirancang dengan menirukan anatomi dan perilaku manusia. Fungsi-fungsi tubuh manusia baik lengan, kaki, mata, dan pergerakan sendi kepala dan bagian lainnya sebisa mungkin diterapkan dirobot ini.
contoh: robot ASIMO buatan jepang
Robot ini dirancang dengan menirukan anatomi dan perilaku manusia. Fungsi-fungsi tubuh manusia baik lengan, kaki, mata, dan pergerakan sendi kepala dan bagian lainnya sebisa mungkin diterapkan dirobot ini.
contoh: robot ASIMO buatan jepang
C.
Pekerja
Teknologi informasi bagi masa depan
D.
Saat teknologi kian mendominasi
di berbagai bidang kehidupan, ketika itu pula lulusan Teknologi Informasi (TI)
makin dicari. Seiring tingginya permintaan tersebut, peluang pekerjaan bagi
lulusan Teknologi Informasi juga diprediksi terus meningkat dalam beberapa
dekade ke depan.
Sebab, hampir semua perusahaan baik perusahaan besar maupun
startup lokal mengandalkan lulusan Teknologi Informasi untuk mengurus aplikasi
mobile, sistem data, situs web, sampai media sosial. Dari banyaknya pilihan
karier bagi lulusan Teknologi Informasi, berikut kumparan rangkum tujuh di
antaranya.
1) Arsitek ‘Cloud’
Arsitek ‘Cloud’ adalah disiplin
yang relatif baru yang fokus kepada pengembangan perangkat lunak. Arsitek
‘Cloud’ saat ini merencanakan dan mendesain lingkungan cloud, dan biasanya
memberikan panduan selama masa pengembangan atau proyek penerapan.
Arsitek ‘Cloud’ melakukan lebih dari sekadar sistem desain atau
lingkungan TI. Selain bekerja di sisi teknologi --untuk memutuskan jenis sistem
apa yang diperlukan dan lainnya-- kamu juga bekerja untuk sisi bisnis. Di
antaranya yakni memahami fungsionalitas seperti apa yang dibutuhkan, dan apa
keuntungan kompetitif yang mungkin diberikan.
2) Ahli digital forensic
Ahli digital forensik atau
forensik komputer bertugas untuk mencari, mengidentifikasi, dan mengevaluasi
informasi dari sistem komputer. Meningkatnya kejahatan siber membuat profesi
ini sangat dibutuhkan dalam membantu penegak hukum untuk mengungkapkan
kejahatan di ranah TI. Untuk menjadi ahli digital forensik kamu harus memiliki
ijazah di bidang forensik komputer, keamanan informasi atau keamanan siber.
3) Pengembang aplikasi mobile
Kini hampir semua orang enggak
bisa terlepas dari telepon pintarnya. Hal ini berdampak kepada banyaknya
startup yang menyediakan jasa dan barang lewat aplikasi mobile.
Secara enggak langsung banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan
Teknologi Informasi untuk mengembangkan aplikasi mobile tersebut. Menggunakan
bahasa coding dasar, pengembang aplikasi mobile akan merancang program untuk
perangkat iOS atau Android.
BAB 6 Trend Sistem / Teknologi informasi dalam bidang bisnis
A.
Pengertian
dan Tujuan bisnis
B.
pengertian
bisnis adalah kegiatan atau bentuk aktivitas penjualan jasa dan barang yang
bertujuan utnuk mencari atau memperoleh keuntungan kepada pihak yang berusaha
yang berlangsung secara terus menerus selama masih memberikan keuntungan.
TUJUAN
Pada
umunya tujuan didirikannya bisnis atau perusahaan tidak hanya
profit oriented semata,namun secara keseluruhan tujuan didirikannya
perusahaan meliputi :
1. Profit
2. Pengadaan barang atau jasa
3. Kesejahteraan pemilik faktor produksi dan masyarakat
4. Full employment
5. Eksistensi perusahaan dalam jangka panjang
6. Kemajuan atau pertumbuhan
7. Prestise dan prestasi
Meskipun tujuan utama mereka
adalah memperoleh keuntungan namun hal tersebut bukan berarti bahwa mereka
tidak mempunyai tujuan lain selain tujuan tersebut, masih banyak tujuan-tujuan
para pembisnis yang ingin mereka raih dan tujuan antara satu dan yang lainya
bisa saja berbeda. Tujuan lain yang ingin dicapai oleh pelaku bisnis itu
diantaranya :
· Ingin mencukupi berbagai kebutuhannya
· Untuk memakmurkan keluarga
· Ingin namanya dikenal banyak orang
· Karena ingin menjadi penerus usaha keluarga
· Ingin mencoba hal baru
· Ingin memanfaatkan waktu luang
C.
Teknologi
informasi dan dunia bisnis
· Peran Teknologi Informasi dan
komunikasi
Peran Teknologi informasi (TI)
dalam upaya mengintegrasikan seluruh proses bisnis memang tidak bisa dibilang
kecil. Beragam solusi aplikasi dapat dimanfaatkan perusahaan untuk mewujudkan
upaya ini. Dari sisi karyawan, solusi pengelolan sumber daya manusia (HRM),
memungkinkan terciptanya SDM yang efektif, dan kontrol administrasi yang
relatif akurat.Sumber Daya Manusia di perusahaan dapat bekerja lebih optimal
dan menghasilkan kinerja tinngi bagi perusahaan.Untuk pelanggan,
perusahaan dapat menggunakan Selling Chain Management. Solusi ini memungkinkan
perusahaan menjalankan aktifitas pemasaran (marketing) penjualan (sales) dan
pelayanan pelanggan secara bersamaan menhhasilkan output berupa pemanfaatan
aplikasi Customer Relationship Management (CRM).
Oleh
sebab itu teknologi informasi memiliki pengaruh terhadap dunia bisnis karna
memberikan beberapa manfaat utuk dunia bisnis yaitu :
ü Membuat adanya peluang baru dalam dunia bisnis yaitu E-Busiess
ü Dapat memperluas pangsa pasar
ü Dapat mengurangi biaya produksi dan operasional
C. Prosedur Pendirian bisnis,kontrak kerja, dan prosedur pengadaian
a) PENDIRIAN BISNIS
Berikut ini adalah prosedur-prosedur
yang harus dilakukan:
1.
Tahapan pengurusan izin pendirian
Bagi
badan usaha berskala besar, hal ini menjadi prinsip yang paling penting demi
kemajuan dan pengakuan atas perusahaan yang bersangkutan. Hasil akhir pada
tahapan ini adalah sebuah izin prinsip yang dikenal dengan Letter of Intent
yang dapat berupa izin sementara, izin tetap hingga izin perluasan.
2. Tahapan pengesahan menjadi
badan hukum
Tidak semua badan usaha harus berbadan hukum. Akan tetapi, setiap badan usaha yang memang dimaksudkan untuk ekspansi atau berkembang menjadi berskala besar, maka hal yang harus dilakukan untuk mendapatkan izin atas kegiatan yang dilakukannya tidak boleh mengabaikan hukum yang berlaku.
3. Tahapan penggolongan menurut bidang yang dijalani
Badan usaha dikelompokkan berdasarkan jenis bidang kegiatan yang dijalani. Berkaitan dengan bidang tersebut, maka setiap pengurusan izin disesuaikan dengan departemen yang membawahinya seperti kehutanan, pertambangan, perdagangan, pertanian, dan sebagainya.
4. Tahapan mendapatkan pengakuan, pengesahan dan izin dari departemen lain
Departemen tertentu yang berhubungan langsung dengan jenis kegiatan badan usaha
akan mengeluarkan izin. Namun, diluar itu, badan usaha juga harus mendapatkan
izin dari departemen lain yang pada nantinya akan bersinggungan dengan
operasional badan usaha, misalnya Departemen Perdagangan mengeluarkan izin
pendirian industri yang berupa SIUP.
b) KONTRAK KERJA
Definsi
kontrak kerja adalah suatu bentuk perjanjian kerja antara karyawan dan
perusahaan.Adapun isi kontrak kerja yaitu, hak dan kewajiban karyawan dan
perusahaan selama terikat hubungan kerja, yang ditandai dengan penandatanganan
kontrak kerja tersebut oleh pimpinan perusahaan dan karyawan. Terdapat 3 sistem
kontrak kerja, yaitu:
Perjanjian kerja waktu tertentu
(PKWT), karyawannya biasa disebut dengan karyawan kontrak. Lamanya kontrak 3
bulan, 6 bulan, atau 1 tahun. Masa kontrak bisa diperpanjang dengan maksimal 2
tahun.
Perjanjian kerja waktu tidak
tertentu (PKWTT), karyawan dengan kontrak ini disebut dengan karyawan permanent
(tetap). Perjanjian kerja yang dibuat bersifat tetap. Pada kontrak kerja ini,
karyawan bisa langsung menjadi tetap/permanent atau melalui masa percobaan
kerja (probation) untuk paling lama 3 (tiga) bulan. Setelah lulus masa
percobaan, karyawan tersebut baru bisa menjadi karyawan tetap.
Untuk kontrak kerja melalui
outsourcing, anda akan mengikuti hak dan kewajiban perusahaan outsorcing,
walaupun nantinya anda akan disalurkan ke perusahaan yang menjadi klien
perusahaan outsourcing, sehingga perjanjian yang dibuat adalah perjanjian tidak
langsung dengan tempat anda ditugaskan untuk bekerja. Sedangkan untuk kontrak
kerja langsung dengan perusahaan, anda mengikuti hak dan kewajiban perusahaan
tersebut.
c) PROSEDUR
PENGADAAN
Prosedur
pengadaan dalam badan usaha juga dibagi menjadi dua yaitu :
a. Pengadaan tenaga kerja yang meliputi beberapa prosedur mulai dari
perencanaan , penarikan , seleksi sampai penempatan tenaga kerja.
b. Pengadaan
barang dan jasa memiliki 4 metode penyediaan namun jika kita menggunakan metode
penujukan langsung maka prosedur yang akan berlangsung mulai dari penilaia
kualifikasi, permintaan penawaran dan negosiasi harga, penetapan dan penunjukan
langsung, penunjukan penyedia barang / jasa, pengaduan dan penandatanganan
kontrak.
D. Aplikasi
Bisnis
Aplikasi bisnis yaitu suatu aplikasi komputer
atau perangkat lunak komputer untuk menunjang kegiatan bisnis suatu perusahaan.
aplikasi ini kebanyakan digunakan untuk bisnis lewat media internet.
Ada
beberapa aplikasi yang bisa kita gunakan dalam berbisnis diantaranya :
ü Xero merupakan aplikasi terbaik dalam bidang accounting. Ia dapat
membantu para akuntan awam. Aplikasi ini juga membuat anda terhubung dengan
bank sehingga mempermudah pengguna dalam membayar secara online.
ü My Budget Book merupakan aplikasi yang membantu pengguna dalam
melacak pengeluaran dan pendapatan serta membantu dalam mengelola uang untuk
lebih efektif.
ü Trello merupaka aplikasi android yang membantu pengguna dalam
mengorganisasi pekerjaan. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk membuat
agenda yang harus ia lakukan.
E. Proses dan Strategi Pengembangan bisnis teknologi informasi
1. Proses pengembangan bisnis teknologi informasi
· Studi kelayakan adalah awal proses untuk merumuskan informasi yang
di butuhkan oleh pemakai akhir. Tujuannya adalah untuk mengevaluasi solusi
system alternative.
· Analisis system adalah studi mendalam mengenai informasi yang di
butuhkan oleh pemakai akhir yang menghasilka persyaratan fungsional.
· Desain system adalah menentukan bagaimana system memenuhi tujuan
kebutuhan informasi pemakai.
· Pengembangan pemakai akhir adalah prktisi TI memainkan peran
sebagai konsultan.
2. Strategi pengembangan bisnis teknologi informasi
Strategi perusahaan berbasis sistem informasi
perlu dibuat karena sumber daya yang dimiliki perusahaan sangat terbatas,
sehingga harus dimanfaatkan secara optimal. Strategi ini juga digunakan untuk
meningkatkan daya saing atau kinerja perusahaan karena para kompetitor memiliki
sumberdaya teknologi yang sama dan memastikan bahwa aset teknologi informasi
dapat dimanfaatkan secara langsung maupun tidak langsung dalam meningkatkan
profitabilitas perusahaan.
F. Aturan E-Business pada bisnis
1. Komunikasi adanya
fasilitas dan media yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi,
layanan, transaksi elektronik (pemesanan dan pembayaran secara
elektronik) dan perpindahan barang dari penjual ke pembeli.
2. Komersial adanya
sistem yang melaksanakan transaksi online mulai dari promosi barang,
pemesanan barang, pembayaran dan pengiriman barang. Pelanggan cukup
melihat dari website jenis barang, spesifikasi dan harga barang, untuk
pemesanan dilihat dari stok barang yang ada,untuk pembayaran sistem shopping
online harus terhubung dengan otorisasi pembayaran (pihak bank).
3. Proses bisnis Setiap
pelaku e-Business yang ingin melalukan transaksi elektronik dan mendapatkan
manfaatsemaksimal mungkin dari e-Business harus melakukan optimalisasi
proses bisnis internal dengan memanfaatkan teknologi informasi agar aliran
informasi, transaksi, maupun lama pengiriman barang menjadi dipersingkat, biaya
transaksi menjadi lebih ekonomis jika dibandingkan dengan perdagangan
yang dilakukan secara tradisional.
4. Layanan Bagi
setiap institusi yang menjadi pelaku e-Business, penggunaan teknologi informasi
dan internet seharusnya menjadikan layanan ke customer menjadi lebih baik,
lebih ekonomis, dan lebih terjangkau.
5. Learning Untuk
meningkatkan awareness baik diantara pengguna maupun pelaku e-Business, proses
edukasi sangat penting agar semakin banyak anggota masyarakat yang menyadari
manfaat dan kelebihan dari transaksi online.
6. Kolaborasi adanya
kerjasama dengan pihak lain (stakeholder) pada setiap transaksi yang terjadi.
7. Komunitas Dalam
dunia maya (world wide web) komunitas merupakan salah satu indikator untuk
mengukur aktifitas pengguna. Dalam e-Business, komunitas merupakan media yang
cukup penting untuk belajar dan memperbaiki diri secara terus menerus baik dari
sisi pelaku maupun pengguna dalam hal produk, layanan, maupun mekanisme
transaksi.
Daftar
Pustaka
https://wirasetiawan29.wordpress.com/2014/08/17/apa-itu-api/
http://azizmusyaffaa.blogspot.co.id/2016/03/kegunaan-api-aplikasi-penghubung.html
http://indorobetr.blogspot.co.id/
http://soktaubingit.blogspot.co.id/2014/08/empat-p-marketing-mix-dan-dimensi.html
https://id.techinasia.com/kumpulan-robot-berbentuk-manusia
https://hermanzacharias.wordpress.com/2012/05/07/profesi-bisnis-ti-paling-prospektif/
http://hariannetral.com/2015/06/pengertian-bisnis-manfaat-bisnis-dan-tujuan-bisnis.html
http://manfaat-it.blogspot.co.id/2013/11/manfaat-it-dalam-bidang-bisnis.html
http://rezadaniss.blogspot.co.id/2014/05/prosedur-pendirian-bisnis-kontrak-kerja.html
http://kahfiehudson.com/prosedur-pendirian-bisnis-kontrak-kerja-dan-prosedur-pengadaan-kontak-bisnis-pakta-integritas/
http://www.ngawidian.com/2016/07
https://wirasetiawan29.wordpress.com/2014/08/17/apa-itu-api/
http://azizmusyaffaa.blogspot.co.id/2016/03/kegunaan-api-aplikasi-penghubung.html
http://indorobetr.blogspot.co.id/
http://soktaubingit.blogspot.co.id/2014/08/empat-p-marketing-mix-dan-dimensi.html
https://id.techinasia.com/kumpulan-robot-berbentuk-manusia
https://hermanzacharias.wordpress.com/2012/05/07/profesi-bisnis-ti-paling-prospektif/
http://hariannetral.com/2015/06/pengertian-bisnis-manfaat-bisnis-dan-tujuan-bisnis.html
http://manfaat-it.blogspot.co.id/2013/11/manfaat-it-dalam-bidang-bisnis.html
http://rezadaniss.blogspot.co.id/2014/05/prosedur-pendirian-bisnis-kontrak-kerja.html
http://kahfiehudson.com/prosedur-pendirian-bisnis-kontrak-kerja-dan-prosedur-pengadaan-kontak-bisnis-pakta-integritas/
http://www.ngawidian.com/2016/07
Komentar
Posting Komentar