Trend Sistem / teknologi informasi masa depan



Inovasi SI & New Technology
 Soft Skill
Trend Sistem / teknologi informasi masa depan




Di Susun Oleh :

Fio Prasetyo

12117367







FAKULTAS ILMU KOMPUTER
DAN TEKNOLOGI INFORMASI (FIKTI) JURUSAN SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS GUNADARMA 2017/2018








Bab 5 : Trend Sistem / teknologi informasi masa depan



A.   EKONOMI API(APLIKASI PENGHUBUNG PEMROGRAMAN)
B.     
API (Application Programming Interface) adalah sekumpulan perintah, fungsi, dan protokol yang dapat digunakan oleh programmer saat membangun perangkat lunak untuk sistem operasi tertentu. API memungkinkan programmer untuk menggunakan fungsi standar untuk berinteraksi dengan sistem operasi lain.
API adalah sebuah bahasa dan format pesan yang digunakan oleh program aplikasi untuk berkomunikasi dengan system operasi atau program pengendalian lainnnya seperti system manajemen database (DBMS) atau komunikasi protocol.
Dalam contoh sederhana, dibutuhkan setidaknya ribuan system calls per detik. Oleh karena itu Kebanyakan programmer membuat aplikasi dengan menggunakan Application Programming Interface(API). Dalam API itu terdapat fungsi-fungsi/perintah-perintah untuk menggantikan bahasa yang digunakan dalam system calls dengan bahasa yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti oleh programmer. Fungsi yang dibuat dengan menggunakan API tersebut kemudian akan memanggil system calls sesuai dengan sistem operasinya. Tidak tertutup kemungkinan nama dari system calls sama dengan nama di API.
Sebagai contoh, Amazon.com merilis API sehingga pengembang situs web dapat lebih mudah mengakses informasi produk Amazon, menggunakan Amazon API, sebuah situs web pihak ketiga dapat memposting link langsung ke produk Amazon dengan harga yang terupdate dan pilihan untuk “beli sekarang”.

B.  Pemasaran dimensi

Pemasaran adalah salah satu fungsi organisasi dan seperangkat proses untuk menciptakan,mengkomunikasikan dan menyerahkan nilai kepada pelanggan dan mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan para pemlik sahamnya.

Menurut Tandjung (2004) empat dimensi relationship marketing adalah:



1)      Bonding
Ketergantungan antara kedua belah pihak harus cukup kuat, sehingga hubungan keduanya dapat bertahan lama. Seorang pelanggan bila merasa tidak memiliki ketergantungan yang kuat terhadap penjual, maka kemungkinan pelanggan tersebut akan sering berganti pemasok.
2)      Empathy
Seorang penjual harus memiliki kepedulian (empathy) kepada pelanggan, artinya seorang penjualan hendaknya peduli terhadap permasalahan yang dihadapai pelanggan dan memperhatikan sudut pandang pelanggan dalam mengatasi suatu masalah.

3)      Reciprocity
Hubungan jangka panjang haruslah saling memberi dan menerima. Artinya, baik penjual maupun pelanggan sama-sama mendapat keuntungan. Pelanggan yang menginginkan diskon besar, tentunya harus mengimbangi dengan pembayaran tunai.

4)      Trust
Trust lebih dari sekedar believe, meskipun kedua kata tersebut memiliki arti yang hampir sama. Masing-masing pihak bila memiliki komitmen yang kuat, maka akan menciptakan rasa sangat percaya (trust) dan memperkuat hubungan.


C.  Robot Manusia
Robot adalah sebuah sistem mekanik yang mempunyai fungsi gerak analog untuk fungsi gerak organisme hidup, atau kombinasi dari banyak fungsi gerak dengan fungsi intelligent, oleh official Japanese

Klasifikasi ROBOT
Robot diklasifikasikan kedalam 4 bagian :

1.     Non Mobile Robot
Robot ini tidak dapat berpindah posisi dari satu tempat ke tempat lainnya, sehingga robot tersebut hanya dapat menggerakkan beberapa bagian dari tubuhnya dengan fungsi tertentu yang telah dirancang.
contoh : robot manipulator berlengan

2.     Mobile Robot
Mobile dapat diartikan bergerak, sehingga robot ini dapat memindahkan dirinya dari satu tempat ke tempat lain. dari segi manfaat, robot ini diharapkan dapat membantu manusia dalam melakukan otomasi dalam transportasi, platform bergerak untuk robot industri, eksplorasi tanpa awak dan masih banyak lagi.
contoh : Robot Line Follower


3.     Gabungan Mobile Robot dan Non Mobile Robot
Robot ini merupakan penggabungan dari fungsi-fungsi pada robot mobile dan non-mobile. sehingga keduanya saling melengkapi dimana robot nonmobile dapat terbantu fungsinya dengan bergerak dari satu tempat ke tempat lain.

4.     Robot Humanoid
Robot ini dirancang dengan menirukan anatomi dan perilaku manusia. Fungsi-fungsi tubuh manusia baik lengan, kaki, mata, dan pergerakan sendi kepala dan bagian lainnya sebisa mungkin diterapkan dirobot ini.
contoh: robot ASIMO buatan jepang

C.   Pekerja Teknologi informasi bagi masa depan
D.     
Saat teknologi kian mendominasi di berbagai bidang kehidupan, ketika itu pula lulusan Teknologi Informasi (TI) makin dicari. Seiring tingginya permintaan tersebut, peluang pekerjaan bagi lulusan Teknologi Informasi juga diprediksi terus meningkat dalam beberapa dekade ke depan.
Sebab, hampir semua perusahaan baik perusahaan besar maupun startup lokal mengandalkan lulusan Teknologi Informasi untuk mengurus aplikasi mobile, sistem data, situs web, sampai media sosial. Dari banyaknya pilihan karier bagi lulusan Teknologi Informasi, berikut kumparan rangkum tujuh di antaranya.

1)    Arsitek ‘Cloud’  
Arsitek ‘Cloud’ adalah disiplin yang relatif baru yang fokus kepada pengembangan perangkat lunak. Arsitek ‘Cloud’ saat ini merencanakan dan mendesain lingkungan cloud, dan biasanya memberikan panduan selama masa pengembangan atau proyek penerapan.

Arsitek ‘Cloud’ melakukan lebih dari sekadar sistem desain atau lingkungan TI. Selain bekerja di sisi teknologi --untuk memutuskan jenis sistem apa yang diperlukan dan lainnya-- kamu juga bekerja untuk sisi bisnis. Di antaranya yakni memahami fungsionalitas seperti apa yang dibutuhkan, dan apa keuntungan kompetitif yang mungkin diberikan.

2)    Ahli digital forensic

Ahli digital forensik atau forensik komputer bertugas untuk mencari, mengidentifikasi, dan mengevaluasi informasi dari sistem komputer. Meningkatnya kejahatan siber membuat profesi ini sangat dibutuhkan dalam membantu penegak hukum untuk mengungkapkan kejahatan di ranah TI. Untuk menjadi ahli digital forensik kamu harus memiliki ijazah di bidang forensik komputer, keamanan informasi atau keamanan siber.

3)    Pengembang aplikasi mobile

Kini hampir semua orang enggak bisa terlepas dari telepon pintarnya. Hal ini berdampak kepada banyaknya startup yang menyediakan jasa dan barang lewat aplikasi mobile.
Secara enggak langsung banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan Teknologi Informasi untuk mengembangkan aplikasi mobile tersebut. Menggunakan bahasa coding dasar, pengembang aplikasi mobile akan merancang program untuk perangkat iOS atau Android.





BAB 6 Trend Sistem / Teknologi informasi dalam bidang bisnis



A.   Pengertian dan Tujuan bisnis
B.     
pengertian bisnis adalah kegiatan atau bentuk aktivitas penjualan jasa dan barang yang bertujuan utnuk mencari atau memperoleh keuntungan kepada pihak yang berusaha yang berlangsung secara terus menerus selama masih memberikan keuntungan.
TUJUAN
Pada umunya tujuan didirikannya bisnis atau perusahaan tidak hanya profit oriented semata,namun secara keseluruhan tujuan didirikannya perusahaan meliputi :
1.         Profit
2.         Pengadaan barang atau jasa
3.         Kesejahteraan pemilik faktor produksi dan masyarakat
4.         Full employment
5.         Eksistensi perusahaan dalam jangka panjang
6.         Kemajuan atau pertumbuhan
7.         Prestise dan prestasi

Meskipun tujuan utama mereka adalah memperoleh keuntungan namun hal tersebut bukan berarti bahwa mereka tidak mempunyai tujuan lain selain tujuan tersebut, masih banyak tujuan-tujuan para pembisnis yang ingin mereka raih dan tujuan antara satu dan yang lainya bisa saja berbeda. Tujuan lain yang ingin dicapai oleh pelaku bisnis itu diantaranya :
·          Ingin mencukupi berbagai kebutuhannya
·          Untuk memakmurkan keluarga
·          Ingin namanya dikenal banyak orang
·          Karena ingin menjadi penerus usaha keluarga
·          Ingin mencoba hal baru
·          Ingin memanfaatkan waktu luang

C.   Teknologi informasi dan dunia bisnis

·         Peran Teknologi Informasi dan komunikasi

Peran Teknologi informasi (TI) dalam upaya mengintegrasikan seluruh proses bisnis memang tidak bisa dibilang kecil. Beragam solusi aplikasi dapat dimanfaatkan perusahaan untuk mewujudkan upaya ini. Dari sisi karyawan, solusi pengelolan sumber daya manusia (HRM), memungkinkan terciptanya SDM yang efektif, dan kontrol administrasi yang relatif akurat.Sumber Daya Manusia di perusahaan dapat bekerja lebih optimal dan menghasilkan kinerja tinngi bagi perusahaan.Untuk pelanggan, perusahaan dapat menggunakan Selling Chain Management. Solusi ini memungkinkan perusahaan menjalankan aktifitas pemasaran (marketing) penjualan (sales) dan pelayanan pelanggan secara bersamaan menhhasilkan output berupa pemanfaatan aplikasi Customer Relationship Management (CRM).

Oleh sebab itu teknologi informasi memiliki pengaruh terhadap dunia bisnis karna memberikan beberapa manfaat utuk dunia bisnis yaitu :
ü  Membuat adanya peluang baru dalam dunia bisnis yaitu E-Busiess  
ü  Dapat memperluas pangsa pasar
ü  Dapat mengurangi biaya produksi dan operasional

C.   Prosedur Pendirian bisnis,kontrak kerja, dan prosedur pengadaian
a)    PENDIRIAN BISNIS
Berikut ini adalah prosedur-prosedur yang harus dilakukan:
1.      Tahapan pengurusan izin pendirian

Bagi badan usaha berskala besar, hal ini menjadi prinsip yang paling penting demi kemajuan dan pengakuan atas perusahaan yang bersangkutan. Hasil akhir pada tahapan ini adalah sebuah izin prinsip yang dikenal dengan Letter of Intent yang dapat berupa izin sementara, izin tetap hingga izin perluasan.

    2.     Tahapan pengesahan menjadi badan hukum
   
     Tidak semua badan usaha harus berbadan hukum. Akan tetapi, setiap badan usaha yang                 memang  dimaksudkan untuk ekspansi atau berkembang menjadi berskala besar, maka hal             yang    harus dilakukan untuk mendapatkan izin atas kegiatan yang dilakukannya tidak boleh         mengabaikan hukum yang berlaku.

  3.
     Tahapan penggolongan menurut bidang yang dijalani

  Badan usaha dikelompokkan berdasarkan jenis bidang kegiatan yang dijalani. Berkaitan dengan bidang tersebut, maka setiap pengurusan izin disesuaikan dengan departemen yang membawahinya seperti kehutanan, pertambangan, perdagangan, pertanian, dan sebagainya.

 4.
     Tahapan mendapatkan pengakuan, pengesahan dan izin dari departemen lain


  Departemen tertentu yang berhubungan langsung dengan jenis kegiatan badan usaha akan mengeluarkan izin. Namun, diluar itu, badan usaha juga harus mendapatkan izin dari departemen lain yang pada nantinya akan bersinggungan dengan operasional badan usaha, misalnya Departemen Perdagangan mengeluarkan izin pendirian industri yang berupa SIUP.


b)    KONTRAK KERJA
Definsi kontrak kerja adalah suatu bentuk perjanjian kerja antara karyawan dan perusahaan.Adapun isi kontrak kerja yaitu, hak dan kewajiban karyawan dan perusahaan selama terikat hubungan kerja, yang ditandai dengan penandatanganan kontrak kerja tersebut oleh pimpinan perusahaan dan karyawan. Terdapat 3 sistem kontrak kerja, yaitu:
Perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT), karyawannya biasa disebut dengan karyawan kontrak. Lamanya kontrak 3 bulan, 6 bulan, atau 1 tahun. Masa kontrak bisa diperpanjang dengan maksimal 2 tahun.
            Perjanjian kerja waktu tidak tertentu (PKWTT), karyawan dengan kontrak ini disebut dengan karyawan permanent (tetap). Perjanjian kerja yang dibuat bersifat tetap. Pada kontrak kerja ini, karyawan bisa langsung menjadi tetap/permanent atau melalui masa percobaan kerja (probation) untuk paling lama 3 (tiga) bulan. Setelah lulus masa percobaan, karyawan tersebut baru bisa menjadi karyawan tetap.
             Untuk kontrak kerja melalui outsourcing, anda akan mengikuti hak dan kewajiban perusahaan outsorcing, walaupun nantinya anda akan disalurkan ke perusahaan yang menjadi klien perusahaan outsourcing, sehingga perjanjian yang dibuat adalah perjanjian tidak langsung dengan tempat anda ditugaskan untuk bekerja. Sedangkan untuk kontrak kerja langsung dengan perusahaan, anda mengikuti hak dan kewajiban perusahaan tersebut.

c)       PROSEDUR PENGADAAN
Prosedur pengadaan dalam badan usaha juga dibagi menjadi dua yaitu :  
a.       Pengadaan tenaga kerja yang meliputi beberapa prosedur mulai dari perencanaan , penarikan , seleksi sampai penempatan tenaga kerja. 
b.      Pengadaan barang dan jasa memiliki 4 metode penyediaan namun jika kita menggunakan metode penujukan langsung maka prosedur yang akan berlangsung mulai dari penilaia kualifikasi, permintaan penawaran dan negosiasi harga, penetapan dan penunjukan langsung, penunjukan penyedia barang / jasa, pengaduan dan penandatanganan kontrak.

D.  Aplikasi Bisnis
Aplikasi bisnis yaitu suatu aplikasi komputer atau perangkat lunak komputer untuk menunjang kegiatan bisnis suatu perusahaan. aplikasi ini kebanyakan digunakan untuk bisnis lewat media internet.
Ada beberapa aplikasi yang bisa kita gunakan dalam berbisnis diantaranya :
ü  Xero merupakan aplikasi terbaik dalam bidang accounting. Ia dapat membantu para akuntan awam. Aplikasi ini juga membuat anda terhubung dengan bank sehingga mempermudah pengguna dalam membayar secara online. 
ü  My Budget Book merupakan aplikasi yang membantu pengguna dalam melacak pengeluaran dan pendapatan serta membantu dalam mengelola uang untuk lebih efektif.
ü  Trello merupaka aplikasi android yang membantu pengguna dalam mengorganisasi pekerjaan. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk membuat agenda yang harus ia lakukan.



E.  Proses dan Strategi Pengembangan bisnis teknologi informasi

1.    Proses pengembangan bisnis teknologi informasi
·                 Studi kelayakan adalah awal proses untuk merumuskan informasi yang di butuhkan oleh pemakai akhir. Tujuannya adalah untuk mengevaluasi solusi system alternative.
·         Analisis system adalah studi mendalam mengenai informasi yang di butuhkan oleh pemakai akhir yang menghasilka persyaratan fungsional.
·         Desain system adalah menentukan bagaimana system memenuhi tujuan kebutuhan informasi pemakai.
·         Pengembangan pemakai akhir adalah prktisi TI memainkan peran sebagai konsultan.

2.    Strategi pengembangan bisnis teknologi informasi
   Strategi perusahaan berbasis sistem informasi perlu dibuat karena sumber daya yang dimiliki perusahaan sangat terbatas, sehingga harus dimanfaatkan secara optimal. Strategi ini juga digunakan untuk meningkatkan daya saing atau kinerja perusahaan karena para kompetitor memiliki sumberdaya teknologi yang sama dan memastikan bahwa aset teknologi informasi dapat dimanfaatkan secara langsung maupun tidak langsung dalam meningkatkan profitabilitas perusahaan.

F.   Aturan E-Business pada bisnis

1.      Komunikasi adanya fasilitas dan media yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi,  layanan, transaksi elektronik (pemesanan dan pembayaran secara elektronik) dan perpindahan barang dari penjual ke pembeli.

2.      Komersial adanya sistem yang melaksanakan transaksi online mulai dari promosi barang,  pemesanan barang,  pembayaran dan pengiriman barang. Pelanggan cukup melihat dari website jenis barang, spesifikasi dan harga barang, untuk pemesanan dilihat dari stok barang yang ada,untuk pembayaran sistem shopping online harus terhubung dengan otorisasi pembayaran  (pihak bank).

3.      Proses bisnis Setiap pelaku e-Business yang ingin melalukan transaksi elektronik dan mendapatkan manfaatsemaksimal mungkin dari e-Business harus melakukan optimalisasi proses bisnis internal dengan memanfaatkan teknologi informasi agar aliran informasi, transaksi, maupun lama pengiriman barang menjadi dipersingkat, biaya transaksi menjadi lebih ekonomis jika dibandingkan dengan  perdagangan yang dilakukan secara tradisional.

4.      Layanan Bagi setiap institusi yang menjadi pelaku e-Business, penggunaan teknologi informasi dan internet seharusnya menjadikan layanan ke customer menjadi lebih baik, lebih ekonomis, dan lebih terjangkau.

5.      Learning Untuk meningkatkan awareness baik diantara pengguna maupun pelaku e-Business, proses edukasi sangat penting agar semakin banyak anggota masyarakat yang menyadari manfaat dan kelebihan dari transaksi online.
6.      Kolaborasi adanya kerjasama dengan pihak lain (stakeholder) pada setiap transaksi yang terjadi.

7.      Komunitas Dalam dunia maya (world wide web) komunitas merupakan salah satu indikator untuk mengukur aktifitas pengguna. Dalam e-Business, komunitas merupakan media yang cukup penting untuk belajar dan memperbaiki diri secara terus menerus baik dari sisi pelaku maupun pengguna dalam hal produk, layanan, maupun mekanisme transaksi.

Daftar Pustaka
https://wirasetiawan29.wordpress.com/2014/08/17/apa-itu-api/
http://azizmusyaffaa.blogspot.co.id/2016/03/kegunaan-api-aplikasi-penghubung.html
http://indorobetr.blogspot.co.id/
http://soktaubingit.blogspot.co.id/2014/08/empat-p-marketing-mix-dan-dimensi.html
https://id.techinasia.com/kumpulan-robot-berbentuk-manusia
https://hermanzacharias.wordpress.com/2012/05/07/profesi-bisnis-ti-paling-prospektif/
http://hariannetral.com/2015/06/pengertian-bisnis-manfaat-bisnis-dan-tujuan-bisnis.html
http://manfaat-it.blogspot.co.id/2013/11/manfaat-it-dalam-bidang-bisnis.html
http://rezadaniss.blogspot.co.id/2014/05/prosedur-pendirian-bisnis-kontrak-kerja.html
http://kahfiehudson.com/prosedur-pendirian-bisnis-kontrak-kerja-dan-prosedur-pengadaan-kontak-bisnis-pakta-integritas/
http://www.ngawidian.com/2016/07


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Tulisan 1 & 2

Definisi & Perkembangan Desain Grafis

Pemuda dan Sosialisasi